Feeds:
Posts
Comments

Archive for December, 2007

Starbucks vs Kutarbucks

Coba bandingkan 2 gambar ini. Serupa tapi tak sama.

Tidak seperti biasanya, siang ini saya diajak makan siang di kantin Pak Kutar oleh istri. Dia doyan dengan menu ikan yang ada di kantin itu. Eh, di situ kok ada ada logo warung kopi kesukaan Rully dan Rojiz, Starbucks. Pas mau bayar, saya bisa melihat dari dekat logo itu dan ternyata buka logo warung kopi terkenal itu. Bukan Starbucks, melainkan Kutarbucks, Kutar-bucks. Bukan jualan coffee latte yang saya suka, melainkan jualan Kopi Tongkat Ali (nama yang aneh untuk merek kopi). Hehehehehe.

Jadi pengen nongkrong di Starbucks bareng barudak Bandung… Kapan kita ngupi lagi neh??

Advertisements

Read Full Post »

Istilah ini sering saya dengar. Tapi yang ingin saya cerita disini adalah “adil” dalam membagi waktu antara kerja dan keluarga (istri dan bayi yang dikandungnya). Kesibukan di kantor sering sekali menyebabkan saya telat pulang. Jam kantor sebenarnya berakhir jam 3.45 pm. Tapi kadang saya molor sampai jam 6 (pas sebelum adzan maghrib). Saat ini saya sedang mencoba mengevaluasi penyebabnya. Apa karena saya yang kurang efektif dalam bekerja atau apa ya? Itu nanti saja, sekarang kembali ke “adil”.

Pernah suatu ketika istri saya complain karena hal di atas. Dia menuntut (secara implisit) bahwa saya lebih berat ke pekerjaan. Wah, gawat neh. Saya memang bisa memberi pengertian waktu itu, tapi kadang kembali teringat kata-kata dia. Saya merasa jadi kurang adil terhadap istri. Tadi pagi, sebelum saya berangkat kerja, dia pesan “kalau bisa pulangnya jangan telat ya mas… anterin saya dan junior jalan-jalan sore”. Saya mengiyakan permintaannya.

Seperti biasa, di kantor disibukkan dengan urusan ini-itu. Tak terasa tiba-tiba workpace menampilkan pesan “End of Day” yang artinya jam pulang telah tiba. Saya segera bersiap-siap pulang. Eh, pas mau pulang ketemu rekan kantor yang dari tadi saya cari, untuk suatu urusan penting, tidak ada. Jadi mampir dulu dech kira-kira 30 menit. Setelah itu, saya langsung meluncur pulang naik Inter Office Taxi.

Istri baru saja mandi sore pas saya datang. Saya juga bergegas mandi dan kemudian sholat ashar. Seperti rencana, kami jalan sore bertiga. Saya, istri dan junior. Betapa senangnya akhirnya bisa adil kepada istri. Mulai sekarang saya berjanji akan berusaha adil, khususnya kepada istri.

Read Full Post »

Kepiting Asam Pedas

Baru saja selesai makan malam bersama istri. Sambil dengerin I saw her standing there, The Beatles, saya kembali melototin PRTG Internet Camp. Fantastis, sekarang utilisasinya saturasi sampai 19 Mbps (padahal langganannya cuman 16 Mbps). Aneh. Bosen lihat PRTG saya kok jadi pengen nulis blog. Wah, di sebelah istri ku tersayang lg bikin minuman dingin, sirop Campolay + alpokat kerok + natadecoco. Wenak tenaaannn..

Menu makan malam kami tadi adalah Kepiting Asam Pedas dan daging burger. Istri sengaja pesen dagingnya saja, karena roti burgernya rada keras alias kurang sip. Sayang tadi gorengnya telat dibalik, jadi rada gosong dikit. Tapi tetap enak, lha wong gratis. Lho sayurnya mana? Tenang, ada kok. Timun iris. Itulah makanan favorit di Simpang Raya, Camp Rumbai. Maksud favorit di sini adalah bukan masakan padang. Hahahahaha. Neh, hasil cepretan dari Nokia 6680.

Lagu-lagu The Beatles masih mengalun, Let it be… Let it be…, sementara istriku sedang membaca Ketika Cinta Bertasbih. Inilah malam-malam kami saat ini, tidak jauh berbeda dari malam ke malam. Oh, terima kasih ya Robbi atas berkah yang sekaligus ujian yang Engkau berikan kepada kami.

Read Full Post »

Beberapa hari yang lalu PC teman saya terkena virus, tidak terkecuali anti virus yang ada di dalamnya. Anti virus yang biasanya jalan pada saat startup, menjadi mandeg tidak bisa jalan. Begitu juga beberapa aplikasi yang lain. Akhirnya dia menelepon dan berencana akan memindai harddisk-nya di PC saya.

Memang kebetulan anti virus yang digunakan teman ini sama dengan yang di PC saya, McAfee. Seharian dia memindai harddisk-nya, hasilnya? Nihil. Tidak satupun virus ketangkep. Akhirnya dia mencoba cara lain, meng-install anti virus baru, AVG. Kemudian dia memindai menggunakan anti virus baru tersebut dan hasilnya, banyak ketangkep virus, worm dan trojan.

Dari pengalaman teman itu saya jadi tergelitik untuk mencoba AVG jg. Saya pindai USB flash disk saya dengan McAfee, tidak ditemukan virus. Saya install AVG, update database virus, kemudian memindai flash disk lagi. Yessss.. satu virus ketangkep. Jangan berfikir McAfee saya tidak update lho, karena sudah saya set auto update dan tiap hari secara manual saya juga cek update. Jadi apa yang bisa disimpulkan? Silahkan menyimpulkan sendiri, saya mau uninstall McAfee dulu.

Read Full Post »

DWDM (sudah) Up

Akhirnya, setelah 2 hari… link transmisi Duri – Minas yang digunakan oleh Internet Camp sudah kembali berjalan normal sejak jam 3 sore tadi. Kerja dan capek selama 2 hari ini terbayar dengan setimpal (tidak sia-sia pula istriku tercinta menemani). User di Duri juga sudah bisa ngenet.

Saya sebenarnya kurang ahli dengan DWDM ataupun cisco, sedangkan Internet Camp bergantung banyak pada dua hal tersebut (selain juga komponen utamanya yakni DSLAM). Saya hanya mengerti (sedikit) dasar-dasar networking dan sistem transmisi. Untungnya di sini ada teman-teman yang memiliki keahlian itu, dan problem yang rumit bisa kita selesaikan bersama. Foto disamping diambil oleh istri waktu saya teleconference dengan teman di Duri. Kusut abis.

Memang benar kata orang, kerja teknis itu mudah, yang sulit adalah bekerja (sama) dengan orang. Banyangkan saja kalau kita tidak bisa yang terakhir itu, sulit rasanya hidup ini. Karena kita (khususnya saya) tidak bisa ahli di segala bidang, sehingga kita membutuhkan orang lain. Apalagi saya. Cenderung bosenan (gampang bosan), jika sudah pernah bisa (padahal belum ahli) pasti pengen yang lainnya. Saya masih ingat pesan salah satu dosen saya:

Tidak perlu tau semuanya…
tapi kita (harus) tau kemana mencari tau

Bener gak seh jargon itu? Tapi selama ini hal itu saya anut, dan ternyata mujarab (emangnya obat..). Ngomong-ngomong obat, kayaknya saya perlu Oskadon neh. Rada puyeng kepala, kurang istirahat. Udah ah,, mau istirahat dulu.

Read Full Post »

DWDM Down (2)

Wah,, ternyata problem semalam belum solved jg. Akhirnya pagi ini saya bersama beberapa rekan dan juga ditemani oleh istri tercinta (dia bosan ditinggal di mess, jadi pengen ikut saya, oh ya, si Junior tentunya juga ikut) pergi ke Minas untuk melakukan troubleshooting DWDM. Sementara itu Internet di Duri masih down, lha wong saluran transmisinya down… Kacian dech, padahal saya diwanti-wanti (ini Bahasa Indonesianya apa ya?) oleh user bahwa jangan down di weekend, kalau ada maintenance/down di weekdays saja.

Sudah sekitar 2 jam berkutat di network room Minas, di Duri ada Kang Ian Royana dan Refli, tapi troubleshooting belum menemukan sumber masalahnya. Perut sudah mulai keroncongan neh (tapi jangan khawatir, ada Suharti di dalam Minas Camp, aduh.. sudah kebayang kriuk-kriuk, gudeg dan sambalnya yang khas). Kang Ian ini ahli di segala bidang, baik network (per-cisco-an) maupun transmisi (DWDM, RSTM, dll). Sayang tahun depan dia sudah pensiun. Banyak ilmu yang belum dibagi kepada generasi penerusnya. CPI pasti akan kelabakan jika dia pensiun.

DWDM milik CPI ini tergolong sudah ‘tua’. Jenis ini sudah face-out artinya sudah tidak diproduksi lg sparepart-nya. Principle hanya memberikan support untuk perbaikan jika ada sparepart yang rusak. Menurut vendor-nya, DWDM di CPI ini adalah DWDM pertama yang dipasang di Indonesia (wah, perusahaan telekomunikasi saja kalah sama CPI). DWDM di CPI merupakan backbone jaringan yang menghubungkan 4 distrik CPI, yakni Rumbai – Minas – Duri dan Dumai. Tiap distrik terhubung secara ring dengan fiber optik. Sudah ceritanya, saya mau ngetes link DWDM lagi.

Read Full Post »

DWDM Down

Sore ini saya sudah nyantai. Selesai makan malam jam 19.30, saya baca-baca buku sambil dengerin Letto. Tidak terasa mata mulai ngantuk dan mulai tidur. Belum lama terlelap, saya dibangunkan oleh suara telepon dari rekan di Duri yang melaporkan bahwa internet down. Saya langsung ngecek PRTG, dan ternyata benar. Trafik yang biasanya > 10 Mbps (untuk jam 19 – 23), hanya tinggal 3 Mbps. Yang menurut perkiraan saya user di Duri down, karena 65% Internet Camp user ada di Duri.

Dan setelah dicek lagi di switch, ternyata Gigabit link yang ke arah Duri (melalui DWDM Minas – Duri) statusnya down. Ada dua kemungkinan, DSLAM (ADSL konsentrator) yang down atau memang DWDM card-nya yang bermasalah. Tapi jarang sekali kasus DWDM rusak. Saat ini saya masih menunggu teman di Duri yang melakukan troubleshooting. Saya memonitor dari arah Minas. Mudah-mudahan bisa selesai malam ini.

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »